Koeman Sumringah, Timnas Belanda ke Semifinal UEFA Nations League 2018

timnas belanda lolos ke semifinal uefa nations league

topmetro.news – Timnas Belanda telah membuktikan bangkit, setelah absen di Piala Dunia 2018 Rusia baru lalu. Kini, Timnas Belanda tampil mengesankan, dengan lolosnya ke semifinal UEFA Nations League 2018. Dalam laga terakhir, walaupun memetik hasil imbang 2-2 atas tuan rumah Jerman, tak membuat Belanda pengaruh dengan hasil itu. Timnas Belanda tampil apik menahan Jerman di laga pamungkas, grup 1 Liga A UEFA Nations League berlangsung, pada Selasa (20/11/2018) dinihari WIB di VELTINS-Arena. Sang pelatih timnas Belanda  Ronald Koeman menyebutkan, timnas Belanda kini telah memasuki era baru, dengan skuat yang dipenuhi pemain-pemain muda berkualitas.

Cuma butuh hasil imbang untuk lolos ke semifinal, Belanda mengawali laga dini hari tadi dengan buruk. Jerman diberi kesempatan untuk mengembangkan permainan dan menciptakan peluang sejak menit awal. Alhasil hanya dalam tempo kurang 20 menit, Jerman sudah unggul 2-0 lewat gol Timo Werner di menit kesembilan dan Leroy Sane (19′). Bahkan Jerman beberapa kali sempat memiliki kans memperbesar keunggulan. Namun, kiper Belanda, Jasper Cillessen bermain gemilang di bawah mistar gawang De Oranje. Skor 2-0 untuk keunggulan sementara Timnas Jerman

Memasuki babak kedua, Timnas Belanda masih kesulitan mencari gol dan terus digempur Jerman. Namun, lima menit jelang waktu normal usai, Quincy Promes menciptakan gol untuk Belanda yang menipiskan ketertinggalan mereka jadi 1-2. Laga sendiri tampaknya akan berakhir untuk kemenangan Jerman. Sebelum centre-back andalan Belanda, Virgil van Dijk mencetak gol di menit 90, membuat pertandingan berkesudahan dengan skor 2-2.

Dengan hasil ini, Belanda berhak melaju ke semifinal menyusul Swiss, Inggris, dan Portugal yang sudah lebih dulu lolos. Belanda finis di posisi teratas klasemen Grup 1 dengan raihan tujuh poin dari empat pertandingan, unggul selisih gol atas Prancis yang finis di peringkat kedua dengan raihan poin serupa.

Jerman Terdegradasi

Sementara itu, Jerman harus rela terdegradasi ke Liga B, setelah finis di perigkat ketiga alias peringkat buncit Grup 1. Jerman hanya meraih dua poin dari empat pertandingan. Lantas bagi timnas Belanda, pencapaian ini tentu seperti menegaskan kebangkitan De Oranje, usai terpuruk dalam beberapa tahun terakhir di pentas internasional. Seperti diketahui, setelah menjadi juara ketiga Piala Dunia 2014, Belanda gagal lolos ke putaran final Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018.

Tampil di Nations League, Belanda juga awalnya tak diunggulkan, karena tergabung di grup berat yang dihuni Jerman dan Prancis. Namun, De Oranje malah membuat kejutan lewat performa apik, meski mengawali kiprahnya di Grup 1 dengan kekalahan 1-2 dari Prancis di Paris.

Ronald Koeman yang membawa angin segar bagi Belanda, sejak ditunjuk sebagai pelatih kepala pada Februari 2018 lalu. Dengan lolosnya Timnas Belanda ke semifinal UEFA Nations League 2018, Koeman tak bisa menyembunyikan kegembiraannya. Koeman yakin saat ini adalah era baru Belanda, dan De Oranje siap kembali menjadi salah satu kekuatan di Eropa, bahkan dunia.

Kapten Timnas Belanda Bangga

Kapten Timnas Belanda, Virgil van Dijk, bangga timnya berhasil melenggang ke semifinal UEFA Nations League 2018. Dia berharap momentum positif tersebut terus berlanjut. Belanda lolos ke babak Semifinal UEFA Nations League setelah menjadi pemuncak klasemen akhir Grup 1. Belanda meraih tujuh poin, sama seperti yang dikumpulkan Prancis. Tapi, Der Oranje unggul catatan pertemuan atas Prancis.

Virgil van Dijk merasa bangga, Belanda bisa menahan imbang Jerman di markasnya. Apalagi, tambahan satu poin membuat Belanda ke Semifinal UEFA Nations League. Bagi pemain Liverpool tersebut, itu hasil yang fantastis. “Ini adalah sebuah perasaan yang fantastis. Kami semua harus bangga pada diri kita sendiri. Sekarang, saya tahu siapa diri kira. Kami semua merasakan hal yang luar biasa,” kata Van Dijk di situs resmi UEFA.

“Kami bekerja sangat keras pada setiap laga dan kami mendapatkan hadiah yang fantastis atas semua itu. Mudah-mudahan, kami mendapat hasil yang lebih bagus lagi di masa depan,” sambung pemain Timnas Belanda yang membela klub Liverpool tersebut. (TM-YOFE)

Related posts

Leave a Comment